Selasa, 16 Maret 2010

Potensi Alam Indonesia

Di Indonesia sendiri secara global bisa di ketahui bahwa potensi perekonomian Desa meliputi banyak potensi diantaranya :

1.    Potensi Hasil Hutan

Hutan di Indonesia jumlahnya sangat besar dan lokasi hutan biasanya dan mungkin pasti letaknya ada di desa. Dari hutan itu bisa menghasilkan potensi perekonomian seperti kayu, perkebunan, peternakan, pertanian, dan lain-lain semuanya bisa bernilai ekonomi jika di kelola dengan baik dan benar. Namun perlu dicatat, untuk pemanfaatan hasil hutan sendiri khususnya kayu harus di kelola secara benar dan professional dengan memperhatikan keseimbangan alam. Karena jika ini tidak dilakukan, bisa merusak hutan itu sendiri dan juga bisa berakibat bahaya seperti banjir dan tanah longsor atau bahaya lain.

2.    Potensi Laut

Seluruh dunia tahu bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam hal potensi laut. Dan lokasi laut itu sendiri juga letaknya lagi-lagi berada begitu dekat dengan desa Namun pada kenyataanya potensi yang begitu besar belum bisa dimanfaatkan secara baik dan benar sehingga yang menikmati hasil kekayaan laut ini justru bukan warga desa nelayan akan tetapi para tengkulak dan yang lain. Bahkan yang lebih memprihatinkan kekayaan laut kita ini setiap tahunya DIRAMPOK oleh Negara-negara tetangga kita. Ini tentunya perlu di perhatikan selain tentunya kecanggihan dari teknologi perahu penangkapan ikan nelayan kita yang masih tradisional untuk dig anti menjadi perahu penangkap ikan yang lebih canggih dan modern sehingga para nelayan bisa lebih mengeruk banyak lagi keuntungan dari hasil laut ini.

3.    Hasil Pertanian

Indonesia merupakan Negara yang luar biasa subur jika dibandingkan dengan Negara-negara lain. Dalam bidang hasil pertanian sendiri Indonesia saat ini memang mulai meningkat dan membaik, tapi ini sebenarnya masih sangat jauh sekali dari hasil potensi yang sebenarnya bisa jauh lebih besar lagi. Ini bisa kita lihat dari posisi saat ini yang masih menjadi pengekspor terbesar hasil pertanian, khususnya beras, masih di pegang oleh Negara Vietnam dan Thailand, padahal kita tahu sendiri bahwa Negara tersebut merupakan Negara yang sangat kecil wilayah mereka jika dibandingkan dengan Negara kita. Ini benar-benar menjadi Pekerjaan rumah kita semua dan juga pihak terkait khususnya mereka yang duduk dalam lembaga kementrian Pertanian yang memiliki wewenang penuh untuk bertanggung jawab mengelola dalam bidang pertanian.

Namun hal ini juga jangan dijadikan mereka para petani untuk bermalas-malasan dan menyerahkan semua kebijakan kepada kinerja menteri pertanian dan pemerintah. Petani juga harus aktif dan kreativ serta inovatif dalam mengelola hasil pertanian mereka sehingga semuanya bisa berjalan secara beriringan demi kemajuan bersama dalam bidang dunia pertanian di Indonesia.

4.    Potensi Hasil Tambang

Masih ada lagi kekayaan negeri ini yang luar biasa besar yaitu hasil tambang yang ada di Indonesia sangatlah besar. Dan lagi-lagi harus kita akui bahwa hamper semua lokasi tambang terbesar di Indonesia, lokasinya selalu berada di pedesaan. Tapi lagi-lagi yang menikmati hasil tambang tersebut bukanlah mereka warga desa di sekitar tambang tersebut tapi justru penguasa dengan dalih Undang-undang kita menyatakan seluruh hasil ala mini sepenuhnya di kuasai dan dimiliki oleh Negara akan tetapi mungkin para penguasa malas untuk melanjutkan dari isi undang-undang tersebut yang pada ujung dari undang-undang tersebut adalah, …. Dan sepenuhnya hasil kekayaan alam tersebut sepenuhnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Bahkan yang lebih Ironis, hampir seluruh hasil tambang kita justru dikuasai oleh asing sedangkan kita hanya mendapatkan keuntungan hanya dari pajak yang mereka bayarkan saja.

Ini harus di jadikan perhatian serius juga untuk masyarakat desa di sekitar hasil tambang mereka untuk aktiv dan berusaha bagaimana kekayaan yang ada di sekitar mereka bisa mereka kelola sendiri dengan peran pemerintah terkait sehingga kesejahteraan mereka bisa lebih sejahtera.

Sebenarnya masih banyak lagi potensi-potensi desa yang bisa dijadikan sumber perekonomian untuk masyarakat desa itu sendiri sehingga budaya rantau dan mengeruk dollar di negara orang  tidak terjadi secara terus menerus di negeri ini.

Dan mungkin buat anda yang saat ini sudah sukses di rantau sana, alangkah indahnya jika saat kesuksesan sudah anda raih di rantau (kota) saat ini adalah saat yang tepat untuk anda ikut berperan aktiv dalam membangun desa tempat kelahiran anda clip_image001(Bagi yang bersedia dan punya waktu) tentu itu akan sangat bermanfaat untuk masyarakat desa, Minimal berbagi pengetahuan dan ilmu yang bisa di dapatkan oleh masyarakat desa.

1 komentar:

  1. numpang promo nich ?
    ni blog Desa Made Kec. Kudu Kab. Jombang Jawa Timur
    http://sendangmade.blogspot.com/

    BalasHapus